Kamis, 04 Februari 2016

Mari Pakai Hijab Yang Baik dan Benar

Mari Pakai Hijab Yang Baik dan Benar
Mari Pakai Hijab Yang Baik dan Benar - Bagaimana sih cara berhijab yang baik dan benar itu?. Buat kaum muslimah berhijab mungkin bukan lagi sesuatu hal yang meribetkan, bukan begitu?. Namun apakah berhijab kita saat ini sudah sesuai dengan syariat Islam atau hijab kita hanya sebatas simbol saja bahwa kita perempuan pemeluk agama mayoritas di Indonesia. Nah, saat ini mari kita perbaiki hijab kita. Sebelum saya paparkan seperti apa berhijab yang baik dan benar, lebih baik kita kupas dulu mengenai kenapa sih perempuan dalam Islam di haruskan memakai hijab.

Untuk perempuan muslim sudah ada perintahnya loh untuk menggunaan hijab, dari siapa perintahnya?. Sudah barang tentu perintahnya itu dari Allah Swt.
Perintahnya itu tertera dalam ayat Al-Qur'an; 

QS. Al-Ahzab: 59, “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.” 

Apa perintah itu hanya dalam satu ayat saja?, tentu tidak diayat yang lainpun Allah Swt memaparkan kembali, supaya wanita muslim (muslim) itu menggunakan hijab. 

Q.S. Al A'raf ayat 26 : “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”

QS. An-Nuur: 31 : “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Itulah Firman Allah Swt. yang memberikan perintah kepada kita para perempuan agar kita dapat berpakain yang benar, sehingga kita tidak begitu saja mengobral keindahan tubuh kita. Didalam ajaran kita perempuan merupakan lambang keindahan makanya tidaklah sedikitpun dari tubuh perempuan itu kecuali aurat. Jadi adanya perintah untuk kita berhijab, tak lain adalah untuk menjaga diri kita.

Di zaman sekarang ini banyak yang mengartikan bahwa perempuan itu dibatasi kebebasannya dengan menggunakan pakain yang serba tertutup itu. Maka dari itu dipropagandakanlah emansipasi wanita, agar para wanita menjadikan daya saing bagi para pria. Dapatkah kita lihat hari ini betapa terbukanya pakain-pakain perempuan yang haus akan kebebasannya.

Jadi seperti apakah berhijab yang baik dan benar itu?.

Mari Pakai Hijab Yang Baik dan Benar, seperti kita ketahui bersama bahwa berhijab adalah untuk menutupi aurat, yakni menutupi seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Dari itu hijab kita haruslah dapat menutupi seluruh bagian tubuh. Kita dapat menutupinya dengan jilbab dan kerudung.  Jilbab yang penulis maksud adalah pakaian gamis atau baju kurung. Sementara kerudung yaitu bagian yang akan menutupi kepala yang harus dapat menutupi bagian dada.

Selanjutnya jilbab yang kita gunakan harus longgar atau tidak ketat, sehingga tidak membentuk lekuk tubuh kita. Pakain yang membentuk lekuk tubuh, maka akan menggoda lawan jenis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kenapa pakain yang membentuk lekuk tubuh atau ketat tidak baik untuk tubuh kita, karena akan memberikan tekanan pada kulit sehingga kulit kita kekurangan ruang untuk bernafas. Perlu diingat juga penggunaan bahan jilbab kita janganlah yang tembus pandang. Karena akan memfasilitasi lawan jenis kita melakukan maksiat. Dan untuk tambahan, kita bisa gunakan kaos kaki yang memiliki fungsi untuk menutupi bagian tubuh yang tidak dijangkau oleh jilbab.

Itulah beberapa hal mengenai berhijab yang bisa penulis sampaikan. Penulis juga mengajak dari sekarang Mari Pakai Hijab Yang Baik dan Benar untuk kebaikan diri dan memproteksi
dari bahaya-bahaya yang mungkin saja dapat mengancam kita sebagai perempuan.



0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net